Monday, December 9, 2013

PENYEBAB KITA POSESIF DAN SOLUSINYA

sumber images: http://m6.flexmedia.co.id/wp-content/uploads/2013/09 



Hollaaa.. Udah lama banget nih aku ga posting kemaren lagi hibernasi dulu soalnya. Beuh hibernasi udah kayak beruang kutub aja yak? ;p Kemaren lagi galau biasa aku kan galauers. Hahahaha

Oke kali ini aku pengen  bahas tentang posesif, seperti kita ketahui posesif adalah tindakan berlebihan yang diakukan seseorang untuk menjaga pasanganya kadang hal yang ga masuk akal pun bisa jadi suatu alasan seseorang itu posesif. Yah jujur alku termasuk orang yang posesif, sebenernya aku tau kok posesif itu salah, itu bisa ngekang kebebasan pasangan kita. Tapi aku ga bisa ngendaliin itu ketika rasa posesif itu muncul. Sedikit sedikit aku mulai ngerubah cara posesif aku. Ya walaupun belum hilang sepenuhnya tapi aku bersyukur karena menurut aku sekarang tingkat posesif aku ga separah dulu. Terus aku juga punya temen yang emang pacarnya itu posesif yang parahnya udah stadium 4 mungkin ya? kenapa aku bilang udah stadium 4 soalnya dia emang udah ngelarang banget pacarnya itu buat kontakan sama lawan jenis selain dia walaupun itu cuma ngobrol biasa dan kalo misalnya ketauan dia kontekan sama lawan jenis sang pacar bisa berminggu minggu buat marah. Tapi aku yakin deh sebenernya pacarnya temen aku itu ga pengen kayak gitu. Soalnya kerasa banget posesif itu gejala psikologis yang emang kita itu ga bisa ngendaliin diri kita disaat ada hal yang bikin kita envy sama pasangan kita

Oke sekarang kita bahas ya, sebenernya apa sih penyebab dan solusi seseorang itu posesif menurut aku :

1. Jarak
Ya, jarak buat pasangan yang LDR tingkat keposesifan itu bisa lebih tinggi. Karena bagi sebagian orang kegiatan dan jarak yang memisahkan itu membuat kepercayaan kita sedikit berkurang secara lah kita kan beda lingkungan dan ada jarak yang memisahkan. Tentu ini membuat rasa keingin tahuan yang lebih besar terhadap pasangan yang akhirnya malah jadi praduga dan curigaan.

>>Solusi<<
Ya usahakan kita bisa tau dulu kebiasaan dan kegiatan dia itu seperti apa. lakukan komunikasi yang baik dan intens untuk mengurangi tingkat kecurigaan pada pasangan. Kalo perlu kita bisa Skype-an pas pasangan lagi luang di sana. Jadi ya seengganya kita bisa ngeliat lingkungan dan keadaan mereka disana walaupun lewat webcam.

2. Pengalaman Masa Lalu
Mungkin bagi sebagian orang yang dulu pernah di khianatin di duain di tigain atau bahkan di limain (tragis banget yak? :p) atau juga para korban PHP pasanganya di masa lalu yang buruk. membuat seseorang menjadi 2 kali atau bahkan 3 kali lebih berhati hati sama pasanganya yang baru dengan alasan mereka ga mau kejadian itu terulang lagi. Hingga pada akhirnya mereka lebih waspada dan serba ingin mengetahui semua kegiatan pasangannya yang sekrang berharap dengan melakukan itu peluang untuk terulangnya kejadian lalu itu tidak terjadi lagi.

>>Solusi<<
Kalo ini sih emang rada susah ya? Soalnya kan ini nyangkut keadaan trauma psikis yang pernah kita alami. Tapi ga ada salahnya belajar perlahan mikir kalo emang sifat tiap orang itu beda dan yakin kalo pasangan yang sekrang itu emang ga kayak yang dulu.

3. Sifat Pasangan
Masksudnya disini sifat pasangan kita yang secara alami bawaan lahir mereka itu emang dingin dan tertutup dari apapun. Biasanya orang orang Melankolis yang begini tapi ga selalu juga sih. Kadang kita sebagai pasangan bingung antara marah, seneng, sedij itu ekspresinya beda tipis. Kadang kita juga canggung kan buat nanya nanya takutnya itu emang privasi bagi dia. Soalnya orang tertutup itu emang ngehargain banget privasi. Bagi dia privasi seseorang itu amat penting. Jadi kadang kita sebagai pasangan malah suka menduga duga yang semakin sering itu bisa membuat posesif itu muncul.

>>Solusi<<
Pancinglah dia buat sedikit-sedikit terbuka sama kita. Jika kita sadar pasangan kita ini orangnya tertutup kita sebangai pacarnya harus bersikap terbuka agar dia juga terpancing buat bisa sharing sama kita meskipun ga akan semua hal yang terjadi hari ini ga bakal dia ceritain.

4. Kita Belum Mengenal Seutuhnya
Kata kata ini yang bikin aku pernah speachless ketika posesif aku itu muncul. Doi bilang ya karena kamu belum mengenal sepenuhnya aku ini. Ya maksudnya kita itu belum mengenal lingkunganya dia seperti apa, teman-teman dia seperti apa dan gimana sikap dia kalo emang di luar selain sama kita. Ini lah yang membuat kita menduga duga yang belum pasti jika terlalu sering ini bisa nimbulin efek posesif loh.

>>Solusi<<
Ini lah mungkin salah satu alasan kenapa aku posesif, mungkin bagi orang yang ga punya phobia sosial khusus solusinya ya udah tinggal kenalan aja sama temen-temenya, ajak aja kita buat berbaur dengan lingkungannya. tapi bagi seseorang yang punya phobia sosial khusus itu sulit baginya untuk berinteraksi ataupun berbaur dengan lingkungan tertentu yang baginya itu sangat menyiksa. Dan aku merasakannya.

Sebenarnya apapun yang kita lakukan terhadap pasangan itu sebaiknya jangan yang berlebihan dan jangan banyak menuntut. Selagi kita masih bisa lakuin itu sendiri tanpa pasangan ya do it. Jangan terlalu tergantung sama pasangan karena itu bisa ngebuat tingkat posesif semakin parah. Belajar perlahan dikit demi sedikit buat berubah dan juga tentunya dukungan dari pasangan kita untuk kita berubah lebih baik.

Salam Sehat Jiwa! :)



No comments:

Post a Comment